MODIFIKASI MEDIA PERBANYAKAN TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annum L.) DENGAN BEBERAPA KONSENTRASI ZPT SECARA IN VITRO

RINA, RINA (2020) MODIFIKASI MEDIA PERBANYAKAN TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annum L.) DENGAN BEBERAPA KONSENTRASI ZPT SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RINA -1602406039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rina. 2020. Modifikasi Media Perbanyakan Tanaman Cabai Merah Besar (Capsicum annum L.) dengan Beberapa Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh Secara In-Vitro (dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Suhaeni). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi media perbanyakan tanaman cabai merah besar dengan beberapa konsentrasi ZPT secara in-vitro dan untuk mendapatkan konsentrasi ZPT yang terbaik terhadap perbanyakan cabai merah besar secara in-vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo, Jalan Lamaranginang, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo pada bulan Januari 2020 sampai Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan yang terdiri dari 4 ulangan. Taraf perlakuan yang digunakan yaitu P0 = Kontrol, P1 = MS+Ekstrak Tauge 3 ppm+NAA 1 ppm+BAP 3 ppm, P2 = MS+Ekstrak Tauge 3 ppm+NAA 2 ppm+BAP 2 ppm dan P3 = MS+Ekstrak Tauge 3 ppm+NAA 3 ppm+BAP 1 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P1 = MS+Ekstrak Tauge 3 ppm+NAA 1 ppm+BAP 3 ppm) dan P3 = MS+Ekstrak Tauge 3 ppm+NAA 3 ppm+BAP 1 ppm merupakan konsentrasi zat pengatur tumbuh NAA dan BAP yang terbaik terhadap modifikasi media perbanyakan tanaman cabai merah besar yang berpengaruh nyata pada parameter umur berkecambah dengan rata-rata 5,25 hari, jumlah daun dengan rata-rata 4 helai dan sangat berpengaruh nyata pada parameter panjang daun dengan rata-rata 2,5 cm dan jumlah akar dengan rata-rata 31,25 helai. Hal ini diduga karena adanya pemberian zat pengatur tumbuh (eksogen) dengan konsentrasi yang sesuai diberikan pada eksplan sehingga memacu pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman yang dikulturkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDSUHAENI, Suhaeni, S.Si., M.PdNIDN0911088701
Uncontrolled Keywords: BAP, Cabai Merah Besar, Modifikasi Media, NAA
Subjects: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agroteknologi
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:21
Last Modified: 14 Jun 2021 07:21
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item