Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Pada Pembelajaran Struktur Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Mahasiswa

Ilyas, Muhammad and Basir, Fahrul (2017) Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Pada Pembelajaran Struktur Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Mahasiswa. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (2). pp. 28-150. ISSN 2502-3802

[img] Text (JURNAL)
5. Jurnal-Keefektivan StrategiKonflik Kognitif (Pedagogy Volume 1 No 2.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text (Peer Review)
5 Peerreview drmuhilyas.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
5. Keefektivan StrategiKonflik Kognitif (Pedagogy Volume 1 No 2).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/artic...

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Sampel dalam penelitian adalah kelas 5B pada tahun ajaran 2016/2017 yang dilakukan secara random. Teknik pengumpulan datanya yaitu aktivitas mahasiswa, respons mahasiswa, dan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika mahasiswa. Teknik analisis datanya yaitu dianalisis secara kuantitatif, deskriptif (aktivitas mahasiswa, respons mahasiswa, dan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika mahasiswa), dan secara inferensial (untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Terdapat penigkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika pada penerapan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI; (2) Aktivitas mahasiswa berada pada kategori sangat baik; (3) Respons mahasiswa berada pada kategori positif; (4) Penerapan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Konflik kognitif, Penalaran dan komunikasi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Jurnal
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Syafriadi Uncp
Date Deposited: 17 May 2020 08:48
Last Modified: 22 Feb 2021 17:13
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item