PENGARUH PEMBERIAN ARANG BAKAR SEKAM PADI DAN PUPUK KANDANG KERBAU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI BESAR (Capsicum annum L.)

PARDI, SUKRI (2020) PENGARUH PEMBERIAN ARANG BAKAR SEKAM PADI DAN PUPUK KANDANG KERBAU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI BESAR (Capsicum annum L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SUKRI PARDI-1602406116.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sukri Pardi. 2020. Pengaruh Pemberian Arang Bakar Sekam Padi dan Pupuk Kandang Kerbau terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Besar (Capsicum annum L.) (dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Rahmawati Upa) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arang bakar sekam padi dan pupuk kandang kerbau terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai besar (Capsicum annum L.) dan mengetahui dosis arang bakar sekam padi dan pupuk kandang kerbau. Dilaksanakan dilahan percobaan Fakultas Pertanian Kampus II Universitas Cokroaminoto Palopo, di jalan Lamaranginang, Kelurahan Batupasi, Kecamatn Wara Utara, Kota Palopo dari bulan Juni 2019 sampai Agustus 2019. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam percobaan yaitu Rancangan Acak Kelompok yang terdiri atas 6 perlakuan yang diulangi sebanyak 4 kali sehingga terdapat 24 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai dosis pupuk kandang kerbau dan arang bakar sekam padi memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata pada seluruh parameter tanaman yaitu parameter tinggi tanaman, diameter batang, umur berbunga, jumlah bunga, jumlah buah, berat buah dan umur panen disebabkan karena penambahan arang sekam bakar padi dan kotoran kerbau belum mampu memenuhi kebutuhan hara yang dibutuhkan tanaman cabai merah besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai dosis pupuk kandang kerbau dan arang bakar sekam padi memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata pada seluruh parameter tanaman yaitu parameter tinggi tanaman, diameter batang, umur berbunga, jumlah bunga, jumlah buah, berat buah dan umur panen. Hasil penelitian terbaik terdapat pada parameter tinggi tanaman P2 dengan rata-rata 36.75 cm, diameter batang P5 dengan rata-rata 0.75 cm, umur berbunga P4 dengan rata-rata 50 hst, jumlah bunga P4 dengan rata-rata 21 biji, jumlah buah P0 (kontrol) dengan rata-rata 23.5 biji, berat buah P5 dengan rata-rata 197.75 gram dan umur panen pada perlakuan P3 dengan rata-rata 98.25 hst. Hal ini diduga karena penambahan arang sekam bakar padi dan kotoran kerbau belum mampu memenuhi kebutuhan hara yang dibutuhkan tanaman cabai merah besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDUPA, Rahmawati Upa, S.Pd.I., M. PdNIDN0922048402
Uncontrolled Keywords: Arang sekam padi, cabai besar, pupuk kandang kerbau.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agroteknologi
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Jun 2021 03:59
Last Modified: 12 Jun 2021 03:59
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item