STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIBIT KAKAO DI DESA LERA KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR (Studi Kasus Usaha Pembibitan Kakao Bapak Arifin)

ARIFIN, MUH. ARSYAD (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIBIT KAKAO DI DESA LERA KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR (Studi Kasus Usaha Pembibitan Kakao Bapak Arifin). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Muh. Arsyad-1602405092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muh. Arsyad Arifin. 2020.Strategi Pengembangan Usaha Bibit Kakao di Desa Lera Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur(Studi Kasus Usaha Pembibitan Kakao Bapak Arifin).dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Erni Firdamayanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang baik diguakan dalam usaha bibit kakao.Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember-Januari 2020 di Desa Lera Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Metode pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuistrategi pengembangan usaha pembibitan kakao Bapak Arifin di Desa Lera Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur., anlisis data penelitian adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan: (1) faktor internal yaitu aspek sumberdaya manusia (SDM), aspek jenis bibit, aspek produksi, aspek pemasaran, aspek teknik pembibitan, aspek keuangan dan aspek manajemen dan organisasi, dan faktor eksternal yaitu, aspek sosial aspek ekonomi, aspek politik budaya aspek teknilogi dan lingkungan usaha tani; (2) faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada usahatani pagi orgaik: (a) kekuatan yaitu: memiliki modal sendiri; memiliki surat izin usah; produk bibit yang dijual beragam; mampu memproduksi bibit dalam jumlah banyak setiap harinya; memiliki kualitas bibit kakao yang baik (b) Kelemahan yaitu: mebutuhkan modal yang besar; bapak Arifin tidak memperhitungkan laba rugi yang tepat; bahan pembuatan bibit kakao tidak lancar; harga yang tidak tetap ; (c) Peluang yaitu: pemerintah berperan membagikan bibit kakao; lingkungan di Desa Lera lingkungan petani kakao; (3) strategi yang harus yaitu: (a) Meningkatkan penjualan dari keberadaan konsumen yang ada, (b)Meningkatkan untuk mempertahankan kosumen; (c)Memanfaatkan lembaga yang terkait dalam menjalankan usaha pembibitan kakao.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDFIRDAMAYANTI, Erni Firdamayanti, S.TP., M.SiNIDN0919059102
Uncontrolled Keywords: Usahatani, Kakao, SWOT.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:19
Last Modified: 10 Jun 2021 07:19
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item