STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN USAHATANI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KAKAO DI DESA LAKAWALI KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

SUKARTA, I KADEK (2020) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN USAHATANI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KAKAO DI DESA LAKAWALI KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
I Kade Sukarta-1602405084.pdf

Download (3MB)

Abstract

I Kade Sukarta. 2020. Strategi Peningkatan Kemampuan Usahatani untuk Meningkatkan Porduksi Kakao di Desa Lakawali Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur (dibimbing oleh Suaedi dan Hj Marlia Muklim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kemampuan usahatani untuk meningkatkan produksi kakao di Desa Lakawali Kabupaten Luwu Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2020 di Desa Lakawali Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian adalah analisis SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Faktor internal yaitu aspek produksi, aspek sumberdaya manusia, aspek sumberdaya alam, dan aspek pengembangan produksi. Faktor eksternal yaitu aspek ekonomi, aspek teknologi, aspek politik dan kebijakan pemerintah; (2) faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada usahatani kakao yaitu: (a) kekuatan yaitu: usaha budidaya kakao sudah memenuhi kebutuhan. (b) Kelemahan yaitu: produksi kakao tidak stabil, pendapatan petani tidak menentu per bulannya. (c) Peluang yaitu: pemerintah memberikan bantuan berupa saprodi. (d) Ancaman yaitu: petani belum menggunakan teknologi yang modern, pemerintah belum menyediakan bantuan alsintan. (3) Strategi yang harus dilakukan yaitu: memaksimalkan produksi kakao dengan memanfaatkan lahan yang ada, meningkatkan kualitas biji kakao untuk memenuhi standarisasi pasar, menstabilkan produksi kakao untuk memenuhi permintaan pasar, memberikan bantuan berupa alsintan untuk memaksimalkan proses budidaya kakao, memberikan peyuluhan untuk mengatasi hama dan penyakit yang mempengaruhi kualitas kakao, memperbaiki proses budidaya agar produksi maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDMARLIA, Dr. Hj. Marlia Muklim, S. Pd., M.PdNIDN0902068401
Uncontrolled Keywords: Usahatani, Petani, Kakao, SWOT
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:55
Last Modified: 10 Jun 2021 03:55
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item