STUDI PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI DALAM MENGEMBANGKAN USAHATANI PADI ORGANIK DI DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR

KURNIAWAN, KURNIAWAN (2020) STUDI PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI DALAM MENGEMBANGKAN USAHATANI PADI ORGANIK DI DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KURNIAWAN-1602405099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurniawan. 2020 Studi Pengembangan Kelompok Tani Dalam Mengembangkan Usahatani Padi Organik di Desa Sumber Makmur Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur (dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Dharma Fidyansari) Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui studi pengembangan kelompok tani padi organik yang ada di Desa Sumber Makmur Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur, Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari- Februari 2020 di Desa Sumber Makmur Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner. analisis data penelitian adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan: (1) faktor internal yaitu aspek produksi, produk, peralatan, lokasi lahan, harga, distribusi, promosi, aspek keuangan, dan faktor eksternal yaitu aspek ekonomi, aspek politik, aspek sosial budaya aspek teknologi; (2) faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada usahatani pagi organik: (a) kekuatan yaitu: Semua jenis padi dapat diterapan dengan sistem organik, Biaya dalam proses budidaya tidak banyak, Lahan yang dimiliki umumnya milik sendiri; (b) Kelemahan yaitu: Susahnya menanggulangi hama dan gulma dengan sistem organik, Belum ada saluran distribusi pemasaran yang jelas, Padi organik hanya untuk dikonsumsi sendiri dan tidak ada yang dijual; (c) Peluang yaitu: Padi organik memiliki harga yang tinggi dan stabil, Adanya peran penyuluh dalam meningkatkan budidaya padi organik, Masyarakat sekitar juga berperan dalam proses budidaya padi organik; (d) Ancaman yaitu: Pertanian organik belum bisa meningkatkan perekonomian petani organik, Masyarakat tidak begitu tertarik untuk ikut membudidayakan pertanian dengan sistem organik; (3) strategi yang harus yaitu: (a) Memanfaatkan harga jual gabah padi organik yang tinggi dan stabil bagi para petani; (b) Meningkatkan produksi yang bisa dilakukan di semua jenis lahan dan dengan semua jenis padi melalui bimbingan penyuluh; (c) Memperbaiki ekosistem untuk mengoptimalkan hasil produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDFIDYANSARI, Dharma Fidyansari, S.Pi., M.MNIDN0905088203
Uncontrolled Keywords: Kelompok Tani, Padi Organik, SWOT
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Jun 2021 05:35
Last Modified: 09 Jun 2021 05:35
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item