SIKAP PETANI TERHADAP KEBERADAAN IRIGASI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KELURAHAN PENTOJANGAN KECAMATAN TELLUWANUA

HANDRIANI, HANDRIANI (2020) SIKAP PETANI TERHADAP KEBERADAAN IRIGASI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KELURAHAN PENTOJANGAN KECAMATAN TELLUWANUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HANDRIANI-1602405045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Handriani. 2020. Sikap Petani terhadap Keberadaan Irigasi dalam Meningkatkan Pendapatan Usahatani Padi Sawah di Kelurahan Pentojangan Kecamatan Telluwanua (dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Dharma Fidyansari). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap petani terhadap keberadaan irigasi dalam meningkatkan pendapatan usahatani padi sawah di Kelurahan Pentojangan, Kecamatan Telluwanua. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan daftar pertanyaan dalam bentuk kuisioner kepada 10 responden, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani merasa tidak puas dengan keadaan irigasi, sehingga menyebabkan ketersediaan air yang tidak mencukupi terutama pada saat musim kemarau. Berdasarkan perolehan skor sikap positif dan negatif petani di Kelurahan Pentojangan Kecamatan Telluwanua diperoleh bahwa sikap petani terhadap irigasi yang ada di Kelurahan Pentojangan berada pada kategori sedang yaitu pada angka 615 kisaran interval 522 – 682.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIRUDDIN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDFIDYANSARI, Dharma Fidyansari, S.Pi., M.MNIDN0905088203
Uncontrolled Keywords: sikap, irigasi, padi sawah, pendapatan
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:39
Last Modified: 08 Jun 2021 07:39
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item