KETERLIBATAN IBU.RUMAH.TANGGA.DALAM KEGIATAN BUDIDAYA.RUMPUT.LAUT DI DESA BATANG TONGKA .KECAMATAN.BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA

RIMA.A.B, RIMA A.B (2020) KETERLIBATAN IBU.RUMAH.TANGGA.DALAM KEGIATAN BUDIDAYA.RUMPUT.LAUT DI DESA BATANG TONGKA .KECAMATAN.BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RIMA A.B-1602405083.pdf

Download (796kB)

Abstract

Rima A.B. 2021. Keterlibatan Ibu Rumah Tangga dalam Budidaya Rumput laut di Desa Batang Tongka Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Suaedi dan Marlina Bakri ). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bentuk keterlibatan dan alokasi waktu ibu rumah tangga di dalam usahatani budidaya rumput laut, (2) mendeksripsikan faktor apa saja yang menjadi pendorong keterlibatan ibu rumah tangga di dalam usahatani budidaya rumput laut, (3) mengetahui tingkat kontribusi pendapatan ibu rumah tangga dari usaha tani budidaya rumput laut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Batang Tongka Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancaras dan dokumentasi. Data analisisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif. Pengambilan responden dalam penelitian ini adalah ibu yang yang sudah menikah dan terlibat di dalam budidaya rumput laut dan dengan jumlah sampel 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan dalam keterlibatan ibu rumah tangga dalam budidaya rumput laut ibu rumah tangga banyak terlibat pada kegiatan pra produksi dan mengalokasikan waktunya untuk bekerja di dalam usahatani budidaya rumput laut selama 5 sampai 6 jam. faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan ibu rumah tangga di dalam usahatani budidaya rumput laut di Desa Batang Tongka Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara: Faktor internal yaitu faktor ekonomi, faktor umur, tidak ada peluang kerja sesuai keterampilan, jumlah tanggungan keluarga dan faktor eksternal yaitu tingkat pendidikan, jarak tempat kerja. Kontribusi pendapatan ibu rumah tangga dari usahatani budidaya rumput laut di Desa Batang Tongka Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara sebesar 22%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDBAKRI, Dr. Marlina Bakri, M.PdNIDN0930118303
Uncontrolled Keywords: keterlibatan, ibu rumah tangga, budidaya, rumput laut, kontribusi
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:31
Last Modified: 08 Jun 2021 07:31
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item