STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI KAKAO (Theobroma cacao L) DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI MELALUI KELOMPOK TANI DI DESA BUNTU KARYA KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

AMALIA, SRI (2020) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI KAKAO (Theobroma cacao L) DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI MELALUI KELOMPOK TANI DI DESA BUNTU KARYA KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SRI AMALIA-1602405062.pdf

Download (901kB)

Abstract

Sri Amalia. 2020. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Petani Kakao (Theobroma cacao L) dalam Meningkatkan Produksi Melalui Kelompok Tani di Desa Buntu Karya Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. (dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Hj. Marlia Muklim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat petani kakao dalam meningkatkan produksi melalui kelompok tani di Desa Buntu Karya Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, dengan pengambilan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penilitian ini menunjukkan keputusan strategi yang akan diterapkan dalam memberdayakan masyarakat petani kakao dalam meningkatkan produksi melalui kelompok tani yaitu1) Menstabilkan hrga beli kakao, 2) Menyediakan penyuluh pertanian, 3) Meningkatkan ketersediaan pupuk, 4) Mempertahankan dan meningkatkan penggunaan alat-alat pertanian yang lebih efektif dan efisien, 5) Meningkatkan Hasil dan Kualitas Produksi Kakao.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRAHMAN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDMUKLIM, Dr. Hj. Marlia Muklim, S. Pd., M.PdNIDN0902068401
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan Petani kakao.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:25
Last Modified: 08 Jun 2021 07:25
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item