KINERJA KELOMPOK TANI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI RUMPUT LAUT Eucheuma cottoni DIKELURAHAN TAKKALALA KECAMATAN WARA SELATAN

ABSAR, ASTITA (2020) KINERJA KELOMPOK TANI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI RUMPUT LAUT Eucheuma cottoni DIKELURAHAN TAKKALALA KECAMATAN WARA SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ASTITA ABSAR-1602405064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Astita Absar. 2016. Kinerja Kelompok Tani Terhadap Peningkatan Produksi Rumput Laut Eucheuma cottoni di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan. (di bimbing oleh Rahman Hairuddin dan Hj. Marlia Muklim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kelompok Tani Terhadap Peningkatan Produksi Rumput Laut di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan. Metode yang digunakan adalah memberikan daftar pertanyaan dalam bentuk kuisioner kepada 10 responden dan dokumntasi. Pengambilan sampel yang dilakukan kepada anggota kelompok tani dilakukan dengan menggunakan teknik acak (random sampling). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif karena dalam penelitian ini mengukur kinerja kelompok tani menggunakan rumus Skala Likert.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari indikator Kemampuan dalam merencanakan kegiatan yang dilakukan kelompok tani memiliki kriteria tinggi yaitu 82.67%, perencanaan kegiatan yang dilakukan seperti perumusan untuk memenuhi kebutuhan sarana produksi dan alat mesin, baik yang berasal dari kredit maupun permodalan. Perencanan pertemuan rutin dengan tujuan untuk mendiskusikan masalah- masalah yang dihadapi dengan mengatasi masalah tersebut. Kemampuan dalam mengelola modal memliki kriteria tinggi yaitu 87% . bantuan ini berupa bantuan modal usaha dari akses bantuan pemerintah berupa simpan pinjam bagi para anggota. Memanfaatkan informasi serta kerja sama kelompok memiliki kriteria tinggi yaitu 84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRAHMAN, Rahman Hairuddin, S.P., M.SiNIDN0930077303
UNSPECIFIEDMUKLIM, Dr. Hj. Marlia Muklim, S. Pd., M.PdNIDN0902068401
Uncontrolled Keywords: Astita Absar. 2016. Kinerja Kelompok Tani Terhadap Peningkatan Produksi Rumput Laut Eucheuma cottoni di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan. (di bimbing oleh Rahman Hairuddin dan Hj. Marlia Muklim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kelompok Tani Terhadap Peningkatan Produksi Rumput Laut di Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan. Metode yang digunakan adalah memberikan daftar pertanyaan dalam bentuk kuisioner kepada 10 responden dan dokumntasi. Pengambilan sampel yang dilakukan kepada anggota kelompok tani dilakukan dengan menggunakan teknik acak (random sampling). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif karena dalam penelitian ini mengukur kinerja kelompok tani menggunakan rumus Skala Likert.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari indikator Kemampuan dalam merencanakan kegiatan yang dilakukan kelompok tani memiliki kriteria tinggi yaitu 82.67%, perencanaan kegiatan yang dilakukan seperti perumusan untuk memenuhi kebutuhan sarana produksi dan alat mesin, baik yang berasal dari kredit maupun permodalan. Perencanan pertemuan rutin dengan tujuan untuk mendiskusikan masalah- masalah yang dihadapi dengan mengatasi masalah tersebut. Kemampuan dalam mengelola modal memliki kriteria tinggi yaitu 87% . bantuan ini berupa bantuan modal usaha dari akses bantuan pemerintah berupa simpan pinjam bagi para anggota. Memanfaatkan informasi serta kerja sama kelompok memiliki kriteria tinggi yaitu 84%.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:16
Last Modified: 08 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item