STUDI KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN SAGU MENJADI DANGE DI DESA LANGKIDI KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU (Studi Kasus IKM Dange Masani)

MAYASARI, MAYASARI (2020) STUDI KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN SAGU MENJADI DANGE DI DESA LANGKIDI KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU (Studi Kasus IKM Dange Masani). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MAYASARI-1602405035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Langkidi Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu (Studi Kasus IKM Dange Masani). (dibimbing oleh. Suaedi dan Erni Firdamayanti). Berdasarkan penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan usaha pengolahan sagu menjadi dange di Desa Langkidi Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember-Januari 2020 di Desa Langkidi Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif dan menggunakan sampel pemilik usaha dange. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi proyek/usaha, sehingga bisa diketahui layak atau tidak layak usaha dijalankan. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada aspek finansial yang diukur menggunakan kriterian investasi yang terdiri dari BEP dan B/C Ratio. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha dange di Desa Langkidi Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu layak untuk diusahakan. Hal ini berdasarkan jika nilai B/C Ratio semakin tinggi maka tingkat keuntungan dalam suatu usaha bisa menjadi lebih tinggi. Penggunaan B/C Ratio ini diketahui bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil yang diperoleh dari usaha yang menguntungkan pada periode tertentu. Apabila B/C > 1 maka usaha tersebut layak dilanjutkan sedangkan apabila B/C < 1 maka usaha tersebut dinyatakan merugi (tidak layak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDERNI, Erni Firdamayanti, S.TP., M.SiNIDN0905088203
Uncontrolled Keywords: Aspek Finansial, Produksi, Pendapatan, Kelayakan Usaha.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:37
Last Modified: 04 Jun 2021 04:37
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item