KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PASCA PENURUNAN HARGA KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Desa Karondang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara)

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2020) KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PASCA PENURUNAN HARGA KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Desa Karondang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RAHMAWATI-1602405005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rahmawati 2016. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pasca Penurunan Harga Kelapa Sawit (Studi kasus di Desa Karondang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara). (dibimbing oleh Suaedi dan Erni Firdamayanti). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyrakat pasca penurunan harga kelapa sawit di Desa Karondang kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu utara. Penelitian ini dilakukan di Desa Karondang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara.Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Untuk penentuan jumlah sampel digunakan teknik Random Sampling atau pengambilan sampel secara acak yakni 10%. Atau sebanyak 20 responden dari total populasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial masyarakat pasca penurunan harga kelapa sawit yaitu petani memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan, istri yang ikut membantu dalam meningkatkan pendapatan, keterbatasan petani untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi sehingga harus putus sekolah dikarenakan pendapatan yang diterima rendah, dan gangguan kesehatan petani. Sedangkan kondisi ekonomi petani pasca penurunan harga yaitu penerimaan pendapatan yang diterima petani paling rendah yaitu Rp100.000.00 dan pendapatan yang paling tinggi kurang lebih Rp700.000.00 serta ketergantungan petani terhadap tengkulak dikarenakan banyaknya petani memiliki hutang pada tengkulak jika dalam kondisi terdesak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDERNI, Erni Firdamayanti, S.TP., M.SiNIDN0919059102
Uncontrolled Keywords: kondisi sosial ekonomi, kelapa sawit.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:48
Last Modified: 03 Jun 2021 05:48
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item