KEPUTUSAN PETANI DALAM MEMILIH SALURANPEMASARAN KOMODITI KAKAO DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKAMAJU SELATAN KABUPATENLUWU UTARA

TILLAH, FARIANI RAHMA (2020) KEPUTUSAN PETANI DALAM MEMILIH SALURANPEMASARAN KOMODITI KAKAO DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKAMAJU SELATAN KABUPATENLUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
FARIANI RAHMA TILLAH-1602405069.pdf

Download (867kB)

Abstract

Fariani Rahma Tillah. 2020. Keputusan Petani dalam Memilih Saluran Pemasaran Komoditi Kakao di Desa Wonokerto Kecamatan Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Suaedi dan Dharma Fidyansari). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran dan marjin pemasaran kakao serta mengetahui keputusan petani dalam memlih saluran pemasaran komoditi kakao di Desa Wonokerto Kecamatan Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara. Responden dalam penelitian ini adalah petani yang membudidayakan kakao sebanyak 38 orang. Untuk lembaga pemasarannya yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah pedagang pengepul kakao 5 orang, pedangan besar 1 orang dan 1 perusahaan. Pengambilan sampel untuk responden petani menggunakan rumus slovin dengan metode acak sederhana (simple random sampling) sedangkan untuk lembaga pemasaran menggunakan teknik snowball. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk meceritakan saluran yang dipilih oleh petani dalam memasarkan hasil usahataninya, sedangkan data deskriptif kuantitatif menggunakan marjin pemasaran dimana analisis ini dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan harga yang dibayarkan oleh konsumen dengan harga yang diterima oleh produsen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran di Desa Wonokerto dimana saluran satu merupakan saluran terpanjang yang ada di Desa Wonokerto, akan tetapi petani kakao cenderung memilih saluran pemasaran 1 sedangkan apabila dilihat dari analisis marjinnya maka saluran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDDHARMA, Dharma Fidyansari, S.Pi., M.MNIDN0905088203
Uncontrolled Keywords: Keputusan, Saluran Pemasaran, Kakao
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:04
Last Modified: 03 Jun 2021 05:04
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item