STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIBIT SAMBUNG PUCUK TANAMAN KAKAO (STUDI KASUS PADA USAHA PEMBIBITAN KAKAO BAPAK MUSTAKIM.S DI DUSUN TEPPO DESA LAWEWE KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA)

NURJANNA, NURJANNA (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIBIT SAMBUNG PUCUK TANAMAN KAKAO (STUDI KASUS PADA USAHA PEMBIBITAN KAKAO BAPAK MUSTAKIM.S DI DUSUN TEPPO DESA LAWEWE KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURJANNA-1602405088.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurjanna. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Bibit Sambung Pucuk Tanaman Kakao (Studi Kasus Pada Usaha Pembibitan Kakao Bapak Mustakim.S di Dusun Teppo Desa Lawewe Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara). (dibimbing oleh Suaedi dan Dharma Fidiansari). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Bibit Sambung Pucuk Tanaman Kakao (Studi Kasus Pada Usaha Pembibitan Kakao Bapak Mustakim.S di Dusun Teppo Desa Lawewe Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara). Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Teppo Desa Lawewe Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara dengan menggunakan metode studi kasus. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Data yang digunakan adalah data primer diperoleh melalui pengamatan langsung yaitu wawancara dan menggunakan kuisioner. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis SWOT . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan dalam mengembangkan usaha bibit sambung pucuk tanaman kakao di Dusun Teppo Desa Lawewe Kecamatan baebunta Kabupaten Luwu Utara adalah: (1) Melakukan kerja sama dengan pemerintah agar jumlah bibit yang diproduksi semakin meningkat (2) Perhatian pemerintah maupun lembaga lain dalam hal pemberian bantuan modal agar produktifitas terus meningkat dan berkembang (3) Mengadakan kerja sama dengan pemerintah agar proses pendistribusian lebih luas (4) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas bahan baku agar tetap bisa bersaing dengan usaha bibit lain (5) Menciptakan inovasi dalam hal memberi nama pada usaha agar memiliki daya tarik yang tinggi serta mudah dikenali oleh masyarakat luas (6) Meningkatkan modal agar dapat memperbaiki usaha dan menambah produksi (7) Meningkatkan kegiatan promosi agar dapat dikenal masyarakat luas dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDDHARMA, Dharma Fidyansari, S.Pi., M.MNIDN0905088203
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Bibit Sambung Pucuk Tanaman Kakao
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:27
Last Modified: 03 Jun 2021 04:27
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item