KESIAPAN PETANI KELAPA SAWIT DALAM MENGHADAPI PEREMAJAAN KEBUN (REPLANTING) DI DESA PATILA KECAMATAN TANA LILI KABUPATEN LUWU UTARA

RUSWANDI, RUSWANDI (2020) KESIAPAN PETANI KELAPA SAWIT DALAM MENGHADAPI PEREMAJAAN KEBUN (REPLANTING) DI DESA PATILA KECAMATAN TANA LILI KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RUSWANDI-1602405100.pdf

Download (3MB)

Abstract

RUSWANDI. 2020. Kesiapan Petani Kelapa Sawit Dalam Menghadapi Peremajaan Kebun (Replanting) di Desa Patila Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara. (dibimbing oleh Suaedi dan Marlia Muklim) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan petani kelapa sawit dalam menghadapi peremajaan di Desa Patila Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode sensus sampling (mengambil keseluruhan anggota kelompok tani yang melakukan peremajaan). Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskirptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kesiapan petani dalam melakukan peremajaan di Desa Patila ini sudah sangat siap untuk melakukan peremajaan, ditandai dengan adanya lahan yang masih dimanfaatkan petani untuk pendapatan bulanan, petani yang memiliki pekerjaan lain dan adanya bantuan dari pemerintah yang membuat petani siap melakukan peremajaan. Adapun dampak yang diakibatkan dengan adanya peremajaan itu adalah pendapatan petani menjadi berkurang sehingga petani harus bekerja lain untuk memenuhi kebutihan sehari- hari, selain itu peremajaan juga tidak sepenuhnya menimbulkan dampak negatif petani yang telah meremajakan lahan nya telah memiliki lahan pertanian lain yang juga sebagai mata pencaharian utama mereka, sehingga ketika lahan yang diremajakan tidak dapat dimanfaatkan hasilnya, petani masih memiliki sumber pendapatan lain dari lahan pertanian yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDMARLIA, Dr. Hj. Marlia Muklim, S. Pd., M.PdNIDN0902068401
Uncontrolled Keywords: Peremajaan, Kesiapan Petani, Kelapa Sawit.
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:23
Last Modified: 03 Jun 2021 04:23
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item