PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK PEMBUDIDAYAAN TANAMAN SAGU (Metroxylon Sp) DI DESA CENNING KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

HAMDIYANI, HAMDIYANI (2020) PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK PEMBUDIDAYAAN TANAMAN SAGU (Metroxylon Sp) DI DESA CENNING KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HAMDIYANI-1602405097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hamdiyani, 2020. Pemanfaatan Lahan Kosong untuk Pembudidayaan Tanaman Sagu di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Suaedi dan Marlina Bakri). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) pemanfaatan lahan kosong untuk pembudidayaan tanaman sagu (metroxylon sp ) di Desa Cenning Kecamatan malangke barat Kabupaten Luwu Utara ,(2) mengetahui kelayakan usahatani tanaman sagu di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini dilakukan selama bulan Januari sampai Maret 2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara keseluruhan.Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 10 orang. Dalam penelitian ini pengambilan data primer dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan kuesioner, observasi, dan wawancara langsung dengan petani sagu sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian ini dalam perhitungan kelayakan usaha tani tanaman sagu, diperoleh nilai R/C ratio sebesar 2,1 dan nilai B/C ratio sebesar 1,1. Sesuai dengan kriteria kelayakan diperoleh yaitu R/C ratio dan B/C ratio > 1, maka usaha tani layak untuk diusahakan atau menguntungkan dari aspek financial. Hasil penelitian menunjukkan peluang pemanfaatan lahan kosong untuk pembudidayaan tanaman sagu merupakan pemanfaatan paling optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDMARLINA, Dr. Marlina Bakri, M.PdNIDN0930118303
Uncontrolled Keywords: Sagu, Pemanfaatan, Keuntungan, Petani
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:25
Last Modified: 03 Jun 2021 04:25
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item