SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI DALAM MEMILIH USAHATANI RUMPUT LAUT (Eucheuma Cottoni) DI KELURAHAN SALEKOE KECAMATAN WARA TIMUR KOTA PALOPO

SAKUN, OLIVIA OCTIVIANI (2020) SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI DALAM MEMILIH USAHATANI RUMPUT LAUT (Eucheuma Cottoni) DI KELURAHAN SALEKOE KECAMATAN WARA TIMUR KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Olivia Octiviani Sakun. 2020. Sistem Pengambilan Keputusan Petani Dalam Memilih Usahatani Rumput Laut (Eucheuma Cottoni) Di Kelurahan Salekoe Kecamatan Wara Kota Palopo (dibimbing oleh Suaedi dan Dharma Fidyansari) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor pengambilan keputusan petani dalam memilih usahatani rumput laut di Kelurahan Salekoe Kecamatan Wara Timur Kota Palopo (2) keputusan petani dalam memilih usahatani rumput laut di Kelurahan Salekoe Kecamatan Wara Timur Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari petani melalui wawancara langsung serta menggunakan kuisioner sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti data dari Kelurahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani rumput laut Eucheuma cottoni (10 orang) dengan mengambil seluruh jumlah populasi sebagai sampel. Dan analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan petani dalam memilih usahatani yaitu berdasarkan pertimbangan faktor-faktor meliputi umur, pendidikan, pengalaman, luas lahan, modal investasi, biaya dan pendapatan dan keputusan petani yaitu memilih menjalankan usahatani rumput laut sebagai matapencarian dengan dorongan dari keluarga yang sebagian besar petani sudah memiliki keluarga yang menjadi tanggungan dan juga dikarenakan hidup dilingkungan yang mendukung usahatani dengan kata lain hidup didaerah pesisir pantai, prospek usaha yang cukup menjanjikan dibanding jenis rumput laut yang lain, dan adanya keinginan bertahan hidup dan meningkatkan perekonomian keluarga dengan menghasilkan sesuatu yang dapat dikelolah dan dimanfaatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUAEDI, Dr. Suaedi, S.Pd., M.Si.NIDN0031126903
UNSPECIFIEDDHARMA, Dharma Fidyansari, S.Pi., M.MNIDN0905088203
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan, usahatani, rumput laut
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:26
Last Modified: 03 Jun 2021 04:26
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item