PEMBERDAYAAN PETANI KAKAO MELALUI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TERKAIT PENURUNAN PRODUKSI KAKAO DI KELURAHAN NOLING KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU

SUARDI, DIAN (2020) PEMBERDAYAAN PETANI KAKAO MELALUI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) TERKAIT PENURUNAN PRODUKSI KAKAO DI KELURAHAN NOLING KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dian Suardi. 2020. Pemberdayaan Petani melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Terkait Penurunan Produksi Kakao di Kelurahan Noling Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Rahman Hairuddin dan Dharma Fidyansari). Penelitiaan ini bertujuan mengetahui pemberdayaan petani melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) terkait penurunan produksi kakao di Kelurahan Noling Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. Penelitian ini dilaksananakan di wilayah Kelurahan Noling Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan dengan mewawancarai tiga puluh dua petani sebagai responden. Pengambilan sampel ini dilakukan secara purposive sampling. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif melaui wawancara menggunkan data kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan petani kakao melalui Gabungan Kelompok Tani yaitu memungkinkan masyarakat untuk mandiri dalam memperkuat pengetahuan dan kemampuan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan melalui proses penyuluhan, menyediakan informasi, menyediakan sarana produksi, dan menyediakan sarana pemasaran bagi petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, petani,
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi S1 Agribisnis
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 24 May 2021 05:23
Last Modified: 25 May 2021 04:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item