TIRANDA, NOVAYANTI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 488 PATOKO. Skripsi thesis, Universitas Cokroaminoto Palopo.
![]() |
Text
1601414177-NOVAYANTI TIRANDA-BAB I-II.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
1601414177-NOVAYANTI TIRANDA-SAMPUL.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
1601414177-NOVAYANTI TIRANDA-FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Novayanti Tiranda. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Berbantuan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Kelas V SDN 488 Patoko (dibimbing oleh Sri Damayanti S. dan Nurasia) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem solving dengan berbantuan media pembelajaran sistem peredaran darah pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kelas V SDN 488 Patoko. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 488 Patoko sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 5 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 10 siswa berjenis kelamin perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa setelah menerapkan model problem solving pada pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 488 Patoko, pada siklus I berada pada kategori aktif dan pada siklus II berada pada kategori sangat aktif. Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas V di SDN 488 Patoko. Hal tersebut terlihat dari hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 66,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 96,7 atau mengalami kenaikan sebesar 30. Kata Kunci: Problem solving, aktivitas belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tugas Akhir > Skripsi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Fitrah Eka Susilawati | |||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:13 | |||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:13 | |||||||||
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |