PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 488 PATOKO

TIRANDA, NOVAYANTI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 488 PATOKO. Skripsi thesis, Universitas Cokroaminoto Palopo.

[img] Text
1601414177-NOVAYANTI TIRANDA-BAB I-II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
1601414177-NOVAYANTI TIRANDA-SAMPUL.pdf

Download (227kB)
[img] Text
1601414177-NOVAYANTI TIRANDA-FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Novayanti Tiranda. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Berbantuan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Kelas V SDN 488 Patoko (dibimbing oleh Sri Damayanti S. dan Nurasia) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem solving dengan berbantuan media pembelajaran sistem peredaran darah pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kelas V SDN 488 Patoko. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 488 Patoko sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 5 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 10 siswa berjenis kelamin perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa setelah menerapkan model problem solving pada pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 488 Patoko, pada siklus I berada pada kategori aktif dan pada siklus II berada pada kategori sangat aktif. Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas V di SDN 488 Patoko. Hal tersebut terlihat dari hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 66,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 96,7 atau mengalami kenaikan sebesar 30. Kata Kunci: Problem solving, aktivitas belajar, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamayanti, SRI DAMAYANTI,S.S., M.HumNIDN0016037902
Thesis advisorNurasia, NURASIA,S.Pd, M.PdNIDN0909098901
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitrah Eka Susilawati
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:13
Last Modified: 08 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item