WAHYUNI, SALMA SRY (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 60 PONRANG. Skripsi thesis, Universitas Cokroaminoto Palopo.
![]() |
Text
1601414111-SALMA SRI WAHYUNI-BAB I-II.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
1601414111-SALMA SRI WAHYUNI-SAMPUL.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
1601414111-SALMA SRI WAHYUNI-FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Salma Sry Wahyuni. 2022. Meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif melalui Penerapan Model Kooperatif Think pair share pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 60 Ponrang. (Dibimbing oleh Ma’rufi dan Fitriani). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan berbentuk siklus dengan menerapkan pada Model Kooperatif Think Pair Share. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampaun berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share siswa kelas IV SD Negeri 60 Ponrang. Setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif pada pra penelitian yakni rata-ratanya adalah 42,98 berada pada kategori sangat kurang, pada siklus I rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran selama penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share pada pertemuan pertama sebesar 60% berada pada kategori cukup baik dan pertemuan kedua sebesar 66,67% berada kategori cukup baik, aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share pada pertemuan satu 50% berkategori kurang aktif dan pertemuan kedua 55,56% berkategori aktif, pada siklus I skor ratarata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 69,83 dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran selama penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share pada pertemuan pertama sebesar 100% berada pada kategori sangat baik dan pertemuan kedua sebesar 100% berada kategori sangat baik, aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share pada pertemuan satu 100% berkategori sangat aktif dan pertemuan kedua 100% berkategori sangat aktif, skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Think pair share sebesar 80,57 yakni berada pada kategori baik. Ditinjau dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif think pair share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Negeri 60 Ponrang. Kata kunci: Model kooperatif think pair share, kemampuan berpikir kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tugas Akhir > Skripsi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Fitrah Eka Susilawati | |||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:00 | |||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:00 | |||||||||
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |