PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN 655 TIROWALI KECAMATAN BELOPA UTARA KABUPATEN LUWU

TASRUM, ERNA SARI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN 655 TIROWALI KECAMATAN BELOPA UTARA KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, Universitas Cokroaminoto Palopo.

[img] Text
1601414079-ERNA SARI TASRUM-BAB I-II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
1601414079-ERNA SARI TASRUM-SAMPUL.pdf

Download (453kB)
[img] Text
1601414079-ERNA SARI TASRUM-FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Erna Sari Tasrum, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN 655 Tirowali Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Ma’rufi dan Erni). Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperiment, desain yang digunakan dalam penelitian ini yakni One Group Pre Test Post Test Design. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN 655 Tirowali Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan desain eksperimen “one groups pretest-posttest design. Data dikumpul dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar berupa pre test-post test dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Hasil dalam penelitian adalah (1) skor rata-rata hasil belajar siswa (pre-tes) adalah 36,67 dan skor rata-rata hasil belajar siswa (post-tes) adalah 74,05 skor tersebut juga sudah mencapai ketuntasan secara klasikal.(2) Keterlaksanaan pembelajaran melalui media pembelajaran visual berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata yaitu 91. Uji Shapiro-Wilk diperoleh nilai probabilitas dalam penerapan media pembelajaran visual dapat dilihat bahwa pada pretest dan posttest niliai signifikan (sig) Shapiro- Wilk 0.054 dan 0,125 (p ≥ 0,05) yang artinya distribusi data normal. Uji paired samples test dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 655 Tirowali sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran visual diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00 atau p < 0,05. Karena p < 0,05, berarti Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan Media Pembelajaran Visual berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN 655 Tirowali Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu. Kata kunci: Media pembelajaran visual, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMa'rufi, Dr. MA RUFI, M.PdNIDN0903086802
Thesis advisorErni, ERNI,S.Pd.SD., M.PdNIDN0911118108
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitrah Eka Susilawati
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:52
Last Modified: 08 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item