PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 6 BOGAR PALOPO

PUTRI M, NADILA EKA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 6 BOGAR PALOPO. Skripsi thesis, Universitas Cokroaminoto Palopo.

[img] Text
1601414066-NADILA EKA PUTRI M-BAB I-II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
1601414066-NADILA EKA PUTRI M-SAMPUL.pdf

Download (150kB)
[img] Text
1601414066-NADILA EKA PUTRI M-FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nadila Eka Putri M. 2022, Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Menggunakan Metode Role Playing pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN 6 Bogar Palopo (Sri Damayanti dan Sunardin) Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SDN 6 Bogar Palopo melalui Metode Role Playing. Jenis penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Arikunto. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 6 Bogar Palopo yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I menunjukkan kemampuan berfikir kreatif siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 11 siswa (55%) dengan kategori tuntas dan siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 9 siswa (45%) dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 17 siswa (85%) dengan kategori tuntas dan siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 3 siswa (15%) dengan kategori tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan yang singnifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa menggunakan metode Role Playing. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pembelajaranRole Playing dapat meningkatkan kemampuan berfikir kratif menggunakan metode role playing pada mata pembelajaran ilmu pendidikansosial (IPS) di kelas V SDN 6 Bogar palopo Kata kunci: Berfikir kreatif, Metode role playing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSUNARDIN, SUNARDIN ,S.Pd, M.PdNIDN0902108903
Thesis advisorDAMAYANTI, SRI DAMAYANTI,S.S., M.HumNIDN0016037902
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitrah Eka Susilawati
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:40
Last Modified: 08 Feb 2023 01:40
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item