sardia, sardia and Ma’rufi, Ma’rufi and Ilyas, Muhammad KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SANGUINIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Pedagogy.
![]() |
Text (Artikel)
24. Artikel Kemampuan Penalaran Siswa Sanguitis.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text (Peer Review)
24. Peer Rwview Kemampuan penalaran siswa sanguinis dalam mencegah masalah matematika ditinjau berdasarkan Gender).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Similarity Check)
24. Turnitin KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SANGUINIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN GENDER (gabung).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penalaran matematika penting bagi siswa karena berkaitan dengan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran berdasarkan tipe kepribadian Hippocrates dan Gender. Tipe kepribadian menurut Hippocrates terdiri atas sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Arikel ini hanya membahas khusus tipe kepribadian sanguinis. Melalui pendekatan kualitatif dideskripsikan kemampuan penalaran sanguinis laki-laki dan sanguinis perempuan. Hasil penelitian: Sanguinis Laki-laki; mengumpulkan fakta secara lengkap, tidak sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas dan terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan maju, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan. Sanguinis Perempuan; mengumpulkan fakta secara lengkap, tidak sempurna dalam mengajukan asumsi, melakukan manipulasi matematika secara jelas dan terurut, memeriksa kesahihan asumsi dengan pengecekan langkah demi langkah, tidak mampu membangun argumen, membuat kesimpulan disertai alasan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Syafriadi Uncp |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 18:20 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 18:20 |
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |