PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN PANGKAJENE KEPULAUAN

Winahyu, Winahyu and Ma’rufi, Ma’rufi and Ilyas, Muhammad PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN PANGKAJENE KEPULAUAN. Pedagogy.

[img] Text (Artikel)
23. Artikel Pengaruh pendekatan STEM Berbasis Etnomatematika.pdf

Download (733kB)
[img] Text (Peer Review)
23. Per Review Pengaruh Pendekatan STEM Berbasis Etnomatematika terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa).pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
23. Turnitin PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN PANGKAJENE KEPULAUAN (Gabung).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada satu kelas V di MIN Pangkajene Kepulauan. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, angket minat belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria pengaruh. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan sebelum pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori sangat baik, (3) Minat belajar matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan sebelum pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori sedang, (4) Minat belajar matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika berada pada kategori sangat tinggi, (5) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika, (6) Terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa kelas V MIN Pangkajene Kepulauan sebelum dan setelah pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis etnomatematika.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Syafriadi Uncp
Date Deposited: 22 Feb 2021 18:15
Last Modified: 22 Feb 2021 18:15
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item