PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMPN 3 PALOPO TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK

RAMADHANI, DIAN (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMPN 3 PALOPO TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
DIAN RAMADHANI_1601401031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dian Ramadhani. 2020. Penerapan Pendidikan Islam dalam Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP Negeri 3 Palopo Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta didik (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Muslim Andi Yusuf). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, bertujuan untuk menerapkan pendidikan Islam kepada peserta didik di SMP Negeri 3 Palopo agar terbentuk akhlak yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa ekstrakulikuler kelas VII,VIII, IX SMP Negeri 3 Palopo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif - kualitatif. Penerapan pendidikan Islam dalam kegiatan ekstrakulikuler di SMP Negeri 3 Palopo terhadap pembentukan akhlak peserta didik khusunya kelas VII, VIII, IX yaitu pada observasi yang dilakukan peneliti memahami peserta didik secara mendalam, kemudian berlanjut pada proses wawancara kepada siswa. Respon guru dalam penerapan sistem pendidikan Islam dalam kategori sangat baik, dan dukungan orang tua kepada siswa yang belajar dalam kategori baik. Dari penelitian penerapan pendidikan Islam dalam kegiatan ekstrakulikuler di SMP Negeri 3 Palopo terhadap pembentukan akhlak peserta didik diperoleh hasil: 1. Pendidikan Islam Memiliki peranan yang sangat besar mencetak generasi yang tak hanya cerdas secara akal (pengetahuan) namun penanaman abad yang tinggi (akhlak). 2. cara-cara yang digunakan dalam menerapkan pendidikan Islam bagi peserta didik yaitu dengan kelembutan perilaku, menerapkan lingkungan yang baik, mendekatkan anak kepada Al-Qur’an, dan pendekatan orang tua terhadap problem anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDYUSUF, Muslim Andi Yusuf, S.H., M.HNIDN0907028305
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, akhlak peserta didik, ekstrakulikuler
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:41
Last Modified: 15 Mar 2022 02:41
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item