PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 018 SALULIMBONG LUWU UTARA

YONAS, LILIS (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 018 SALULIMBONG LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LILIS YONAS (1601414183).pdf

Download (2MB)

Abstract

Lilis Yonas. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 018 Salulimbong Luwu Utara. (dibimbing Rusdiana Junaid dan Hermini). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 018 Salulimbong Luwu Utara melalui penerapan metode team quiz, (2) Mendeskripsikan apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS k e l a s V B SD Negeri 018 Salulimbong Luwu Utara, (3) Mendeskripsikan bagaimana aktivitas belajar siswa setelah penerapan metode Team Quiz pada pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri 018 Salulimbong Luwu Utara. Subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri 018 Salulimbong Luwu Utara tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa dengan sampel berjumlah 20. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dengan jenis tes soal essay. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Perolehan rata- rata hasil penelitian siklus I yaitu 74 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh rata-rata 80 dengan kategori tinggi. Secara klasikal pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 40% sedangkan pada siklus II memcapai 90%, peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II yaitu 50%. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 57 dengan kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 96,6 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri 018 Salulimbong Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDHERMINI, Hermini, S.Pd., M.PdNIDN0912028701
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode Team Quiz.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:43
Last Modified: 25 Jan 2022 06:43
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item