PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN WALENRANG TIMUR

MANGERA, UMI KALSUM (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN WALENRANG TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
UMI KALSUM MANGERA-1601414043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Umi Kalsum Mangera, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Se-Kecamatan Walenrang Timur. (Rusdiana Junaid dan Sunardin) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas IV SDN Se-Kecamatan Walenrang Timur, bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan One-Group-Pretest-Posttes sebagai desainnya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 175 populasi, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 22 siswa menggunakan rumus slovin dengan tingkat kepercayaan 80% dan margin of error 20% atau 0,2. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah Tes dan Non Tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif, angket untuk mengukur ranah afektif dan unjuk kerja untuk mengukur ranah psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan Taraf signifikansi yang digunakan ( ) adalah 0,05 atau 5% jadi diperoleh thit (t stat) = 4,119552318 dan ttabel (t critical two-tail) = 2,018081703. Dapat disimpulkan bahwa thit > ttabel (4,119552318 >2,018081703), sehingga hipotesis H0 ditolak dan hipotesis yang diterima pada penelitian berdasarkan kriteria H0 diterima dan H1 ditolak jika thit ≤ t(1-α), sedangkan H0 ditolak dan H1 diterima jika thit > t(1-α). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS sebelum menggunkan model TGT siswa memperoleh nilai KKM < 75% dari nilai KKM 75%, sedangkan hasil belajar siswa setelah menerapkan model TGT memperoleh nilai KKM >75% dari nilai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, dan TGT.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:16
Last Modified: 25 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item