PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALOPO

RAHO, REFLIN (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
REFLIN RAHO-1711412074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reflin Raho. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palopo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Sukmawati Syam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, berbentuk pra eksperimental. Desain eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo sebanyak 112 siswa. Sampel penelitian siswa kelas XIA SMA Negeri 5 Palopo sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berupa data motivasi dan hasil belajar, sedangkan statistika inferensial berupa uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo sebelum penerapan model pembelajaran Make a match berada pada kategori cukup (66,20). Rata-rata motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo setelah penerapan model Make a match berada pada kategori baik yaitu 80,15. Hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo sebelum penerapan model pembelajaran Make a match berada pada kategori sangat rendah (48,25). Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo setelah penerapan model Make a match berada pada kategori tinggi yaitu 80,50. Nilai signifikansi yang diperoleh p (0,000) < (α) (0,05), sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo. Nilai signifikansi yang diperoleh p (0,001) < (α) (0,05), sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDSYAM, Sukmawati Syam, S.Si., M.PdNIDN0904118802
Uncontrolled Keywords: Make a match, motivasi, hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:46
Last Modified: 19 Jan 2022 03:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item