RAHO, REFLIN (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.
![]() |
Text
REFLIN RAHO-1711412074.pdf Download (2MB) |
Abstract
Reflin Raho. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palopo (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Sukmawati Syam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, berbentuk pra eksperimental. Desain eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo sebanyak 112 siswa. Sampel penelitian siswa kelas XIA SMA Negeri 5 Palopo sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif berupa data motivasi dan hasil belajar, sedangkan statistika inferensial berupa uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo sebelum penerapan model pembelajaran Make a match berada pada kategori cukup (66,20). Rata-rata motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo setelah penerapan model Make a match berada pada kategori baik yaitu 80,15. Hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo sebelum penerapan model pembelajaran Make a match berada pada kategori sangat rendah (48,25). Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo setelah penerapan model Make a match berada pada kategori tinggi yaitu 80,50. Nilai signifikansi yang diperoleh p (0,000) < (α) (0,05), sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo. Nilai signifikansi yang diperoleh p (0,001) < (α) (0,05), sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palopo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Make a match, motivasi, hasil belajar | |||||||||
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Tugas Akhir > Skripsi Tugas Akhir |
|||||||||
Depositing User: | mrs Dachliana Baderu | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:46 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:46 | |||||||||
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |