PENGARUH MODEL PROBLEM POSSING TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMAN 10 LUWU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

MUSTAMIN, ARIF (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM POSSING TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X SMAN 10 LUWU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ARIF MUSTAMIN (1701412068).pdf

Download (5MB)

Abstract

Arif Mustamin, 2021. Pengaruh Model Problem Possing Terstruktur Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas X SMAN 10 Luwu Pada Materi Keanekaragaman Hayati.(Dibimbing oleh Akhmad Syakur,. dan Eva Sohriati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem possing terstruktur terhadap hasil belajar dan kemampuan metakognitif siswa kelas X SMAN 10 Luwu pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen dengan rancangan yang digunakan adalah Quasi eksperimen dan bentuk desainnya non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (pretest dan posttest) dan angket/kuisoner. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 SMAN 10 Luwu tahun ajaran 2021 dengan total seluruh 60 siswa. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik puposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis deskriptif nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMAN 10 Luwu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Possing Terstruktur diperoleh 80,50 berada dikategori tinggi. Nilai rata- rata kemampuan metakognitif siswa kelas X SMAN 10 diperoleh 75,87 berada dikategori baik. Hasil analisis inferensial pada hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t-independent samplet-test diperoleh nilai sebesar 0,036 nilai Sig. (2-tailed)sebesar 0,036<0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Possing Terstruktur pada siswa kelas X MIPA SMAN 10 Luwu. Hasil analisis inferensial pada kemampuan metakognitif siswa dengan uji Paired Samples t-Test nilai Sighitung0,000<0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas X MIPA SMAN 10 Luwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
UNSPECIFIEDSOHRIATI, Eva Sohriati, S.Pd., M.PdNIDN0903088801
Uncontrolled Keywords: Problem Possing Terstruktur, Hasil belajar, Metakognitif
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:06
Last Modified: 19 Jan 2022 03:06
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item