EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIAGRAM ROUNDHOUSE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALOBONGKO PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA

MUHDALIFA, KIKI (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIAGRAM ROUNDHOUSE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALOBONGKO PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
kiki muhdalifa-1601412062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kiki Muhdalifa.2021. Efektivitas Penggunaan Media Diagram Roundhouse dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division(STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Salobongko pada Materi Sistem Gerak pada Manusia (Dibimbing oleh Asri dan Nur Muhajirah Yunus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media diagram roundhouse dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division(STAD)terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Salobongko pada materi Sistem Gerak pada Manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen.Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest).Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis deskriptif didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas VIII A yang dibelajarkan menggunakan media diagram roundhouse dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 85.18 yang berada pada kategori tinggi. Rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah yaitu 77.88 juga berada pada kategori tinggi. Analisis statistik inferensial yang menggunkan uji hipotesis diperoleh data siswa bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Salobongko yang dibelajarkan dengan menggunakan media diagram roundhouse dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa kelas VIII B MTs Salobongko yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah pada materi Sistem Gerak pada Manusia dengan perolehan nilai p(0.000) < α(0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDYUNUS, Nur Muhajirah Yunus, S.Pd., M.Kes.NIDN0914088802
Uncontrolled Keywords: Diagram roundhouse, Student Teams Achievement Division, hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:34
Last Modified: 17 Jan 2022 03:34
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item