PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN FISHBONE DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 2 LUWU

RILMA, RILMA (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN FISHBONE DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 2 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RILMA-1701412028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rilma. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quided Inquiry Menggunakan Fishbone Diagram Terhadap Hasil Belajar Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 2 Luwu (dibimbing oleh Asri dan Fitrah Al Anshori) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, bertujuan untuk mengetahui (1) Pemahaman konsep Materi Keanekaragaman Hayati siswa kelas X SMA Negeri 2Luwu sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone Diagram, (2) Aktivitas belajar siswakelas X SMA Negeri 2 Luwu selama diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone, (3) Respon siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu selama diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone, (4) Peningkatan pemahaman konsep materi Keanekaragaman Hayati siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X.A dan X.B SMA Negeri 2 Luwu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Pemahaman konsep materi Keanekaragaman Hayati siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu sebelum diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone berada pada kategori sangat kurang dan pemahaman konsep materi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone berada pada kategori baik. (2) Respon siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu setelah diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone berada pada kategori baik, (4) Pemahaman konsep materi keanekaragaman hayati siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu meningkat secara signifikansi setelah diterapkan model pembelajaran quided inquiry menggunakan fishbone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDALANSHORI, Fitrah Al Anshori, S.Pd.,M.PdNIDN0907079002
Uncontrolled Keywords: quided inquiry, fishbone diagram, keanekaragaman hayati.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:19
Last Modified: 17 Jan 2022 03:19
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item