PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISTEM IMUN KELAS XI SMAN 1 PALOPO

INDIRA, TRILANA (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISTEM IMUN KELAS XI SMAN 1 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
TRILANA INDIRAAA-1701412054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Trilana Indira. 2021. Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Approach dengan Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Materi Sistem Imun Kelas XI SMAN 1 Palopo (dibimbing oleh Asri dan Akhmad Syakur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan Scientific Approach dengan Model PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar materi Sistem Imun Kelas XI SMAN 1 Palopo. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Palopo, Jl.A.Pangerang No.4, Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan bentuk desainnya nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil belajar siswa pada materi sistem imun berdasarkan analisis statistik deskriptif didapatkan rata-rata nilai hasil belajar siswa 87,03 kelas XI IBB SMAN 1 Palopo yang diajar menggunakan Pendekatan Scientific Approach dengan Model PBL (Problem Based Learning) berada pada kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada materi sistem imun yang diajarkan dengan pembelajaran langsung didapatkan nilai rata-rata 73,44 berada pada kategori sedang. Analisis statistik inferensial yang menggunakan uji hipotesis diperoleh data siswa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan penerapan Pendekatan Scientific Approach dengan Model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun kelas XI IBB SMAN 1 Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDSYAKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Scientific Approach, PBL, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:58
Last Modified: 17 Jan 2022 02:58
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item