IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI FUNGI (JAMUR) KELAS X MIA UPT SMA NEGERI 9 TANA TORAJA

NUR ALAM, NUR ALAM (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI FUNGI (JAMUR) KELAS X MIA UPT SMA NEGERI 9 TANA TORAJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NUR ALAM-1601412091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur alam. 2021. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Group Resume terhadap hasil belajar peserta didik materi fungi (jamur) kelas X MIA UPT SMA Negeri 9 Tana Toraja (dibimbing oleh Asri dan Sukmawati Syam) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Resume pada materi fungi (jamur) kelas X MIA SMA Negeri 9 Tana Toraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah quasy eksperiment dengann bentuk desain non equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 9 Tana Toraja berjumlah 140 siswa dengan sampelnya adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eskperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas control dengan jumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial. Statistic deskriptif berupa data hasil belajar siswa dan hasil respon siswa, sedangkan statistic inferensial berupa uji hipotesis menggunakan uji signifikansi dan uji independent sample t-test. Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis statistic deskriptif yang didapatkan dari rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 9 Tana Toraja sebelum digunakannya model Group Resume dalam pembelajaran berada pada kategori sangat rendah dengan nilai 43,06 dansetelah digunakannya model Group Resume dalam pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai 83,74. Hasil analisis statistic inferensial dengan menggunakan uji-t dimana deskriptif hasil pretest dengan nilai rata-rata 43,06 termasuk kategori sangat rendah dan deskriptif hasil posttest dengan nilai rata-rata 83,74 termasuk kategori tinggi. Maka nilai signifikansi uji normalitas pretest 0,110 dan pada posttest 0,067. Untuk uji homogenitas hasil belajar 0,328 dan hipotesis 0,000, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Group Resume pada materi fungi (jamur) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA UPT SMA Negeri 9 Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorASRI, Dr.H. Asri, M.PdNIDN0031126403
UNSPECIFIEDSYAM, Sukmawati Syam, S.Si., M.PdNIDN0904118802
Uncontrolled Keywords: Group Resume, hasil belajar fungi (jamur)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:53
Last Modified: 15 Jan 2022 03:53
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item View Item