KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI UPT SMA NEGERI 4 LUWU PADA MATERI SISTEM GERAK

ISMAIL, KHUSNUL HATIMAH (2021) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI UPT SMA NEGERI 4 LUWU PADA MATERI SISTEM GERAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KHUSNUL HATIMAH ISMAIL 1701412015...pdf

Download (3MB)

Abstract

Khusnul Hatimah Ismail. 2021. Komparasi Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI UPT SMA Negeri 4 luwu pada Materi Sistem Gerak (dibimbing oleh Achmad Syakur dan Sukmawati Syam) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan medel pembelajaran CORE dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT pada materi sistem gerak. jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi eksperimental) Desain penelitian ini adalah The Static Group Pretest-Posttest Desaign. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 luwu tahun pelajaran 2021/2022,dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 5 dengan jumlah siswa 35 dan XI MIPA 6 dengan jumlah 35. teknik pengambilan sampel dan penelitian ini adalah Purposive Sampling. instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi keterlaksanaan pebelajaran. teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan dua jenis analisi adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. hipotesis penelitian di uji dengan uji t-test komparatif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI UPT SMA Negeri 4 Luwu yang diajar menggunakan medel pembelajaran CORE pada materi sistem gerak yaitu 75,63 berada pada kategori sedang,sedangkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 luwu yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT pada materi sistem gerak yaitu 85,91 berada pada kategori tinggi. hasil uji hipotesis dapat dilihat terhitung>t table= 6,721>2,030 atau taraf signifikan <a (nilai sig<0,05)=0,000<0,05 maka hipotesis nol (HO)ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima, yaitu artinya ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CORE dengan model pembelajaran TGT pada materi sistem gerak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
UNSPECIFIEDSYAM, Sukmawati Syam, S.Si., M.PdNIDN0904118802
Uncontrolled Keywords: CORE, TGT, hasil belajar siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:46
Last Modified: 15 Jan 2022 03:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item