PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING,COMUNNICATING)TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA UPT SMA NEGERI 11 LUWU

ANJARI, YULIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING,COMUNNICATING)TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA UPT SMA NEGERI 11 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YULIA ANJARI-1601412107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yulia Anjari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Simas Eric ((Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA UPT SMA Negeri 11 Luwu. (Dibimbing oleh Muhammad Ilyas, dan Akhmad Syakur.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Simas Eric (Skimming, Mind Mapping,Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA UPT SMA Negeri 11 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eskperimen dan bentuk desainnya non-equivalent group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi (pretest dan posttest). Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis deskriptif didapatkan rata-rata nilai hasil belajar bilogi siswa kelas X1 IPA UPT SMA Negeri 11 Luwu yang diterapkan dengan model pembelajaran Simas Eric (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) yaitu 80,40 berada pada kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol setelah diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 75,13 dan berada pada kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial yang menggunakan uji independent sample t-test diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran (Skimming, Mind Mapping,Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA UPT SMA Negeri 11 Luwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDSYAKUR, Akhmad Syakur, S.Pd., M.ScNIDN0915028701
Uncontrolled Keywords: Simas Eric (Skimming, Mind Mapping,Questioning, Exploring, Writing, Communicating), hasil belajar biologi.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:03
Last Modified: 15 Jan 2022 03:03
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item