PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALOBONGKO PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

ACHMAD, SRI DEFI (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs SALOBONGKO PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Other
SRI DEFI ACHMAD_1601412075.PDF

Download (2MB)

Abstract

Sri Defi Achmad. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Menggunakan Media Grafis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Salobongko pada Materi Sistem Pencernaan Manusia (dibimbing oleh Ma’rufi dan Nur Muhajirah Yunus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan menggunakan media grafis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Salobongko pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah true-eksperiment dengan menggunakan desain pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Salobongko. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIa sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar Biologi (pretest dan posttest). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil analisis data untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,47 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 80,72. Hasil uji hipotesisnya adalah H0 : µ1 = µ2 melawan H1 : µ1≠µ2. bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Salobongko yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media grafis dan tanpa media grafis pada materi Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDYUNUS, Nur Muhajirah Yunus, S.Pd., M.Kes.NIDN0914088802
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, media grafis, hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:14
Last Modified: 14 Jan 2022 07:14
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item