PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW (SQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 LUWU UTARA PADA MATERI PEMBELAHAN SEL

RAMMA, NOVITA (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW (SQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 LUWU UTARA PADA MATERI PEMBELAHAN SEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NOVITA RAMMA -1601412049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novita Ramma. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Record, Review (SQ4R) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Luwu Utara pada materi Pembelahan Sel (dibimbing oleh Ma’rufi dan Nur Muhajirah Yunus). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Record, Revie (SQ4R) terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 3 Luwu Utara pada materi Pembelahan Sel. Jenis penelitian ini adalah Pre- eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam peneitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 4 yang berjumlah 34 siswa SMA Negeri 3 Luwu Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil belajar biologi siswa berdasarkan analisis deskriptif didapatkan nilai rata-rata sebelum menerapkan model pembelajaran SQ4R yaitu 48 yang berada pada kategori kurang sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran SQ4R adalah 85,21 yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas diperoleh nilai probabilitas taraf signifikansi data pretest adalah ,082 dan posttest ,125. Pada uji hipotesis nilai pada output independent sample t-test diperoleh nilai t-hitung (5,311) > t-tabel (2,040) dan nilai signifikansi sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dalam uji independent sample t-test yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SQ4R berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 3 Luwu Utara pada materi Pembelahan Sel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDYUNUS, Nur Muhajirah Yunus, S.Pd., M.Kes.NIDN0914088802
Uncontrolled Keywords: SQ4R, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Similarity Check
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:20
Last Modified: 14 Jan 2022 03:57
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item