HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 LUWU

ACHDIRUL, DANTI PURNAMA SARI (2020) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
DANTI PURNAMA SARI ACHDIRUL-1811412069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Danti Purnamasari Achdirul. 2021.Hubungan Gaya Belajar siswa dengan Minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Luwu (dibimbing olehMuhammad IlyasdanSukmawati Syam). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Negeri 11 Luwu. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif, bersifat korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Luwu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA Negeri 11 Luwu yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019yang berjumlah 317 siswa, dengan sampel yang dipilih adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA4 dan XI IPA 5 dan XI IPA 6 yang berjumlah 154 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hubungan untuk variabel gaya belajar siswa dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi adalah angket dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket (kuisioner). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan minat belajar. Hal ini dapat dilihat pada nilai koefisen korelasi pearson sebesar 0,362 yang lebih besar daripada nilai rtabel = 0,186 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,05.Selain itu, hubungan gaya belajar dengan minat belajar siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Luwu berada pada derajat hubungan yang rendah. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan menunjukkan bahwa jika gaya belajar semakin baik, maka akan berpengaruh pada minat belajar peserta didik yang semakin tinggi juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDSYAM, Sukmawati Syam, S.Si., M.PdUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, minat belajar, korelasional, kuisioner, kuantitatif
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Similarity Check
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:11
Last Modified: 13 Jan 2022 07:39
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item