PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 668 POMPENGAN PANTAI

MENTARI, AULIA (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 668 POMPENGAN PANTAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
AULIA MENTARI-1601414048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aulia Mentari. 2020. Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model problem based learning pada siswa kelas IV SDN 668 Pompengan Pantai. (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Rosmalah Yanti). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model problem based learning, (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar IPS menggunakan model problem based learning pada siswa kelas IV SDN 668 Pompengan Pantai pada siklus I sebesar 47,37% atau 9 dari 19 siswa masuk dalam kategori tuntas dan 52,63% atau 10 dari 19 siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau belum memenuhi KKM, sehingga Peneliti melanjutkan atau melaksanakan pada siklus II. Persentase ketuntasan siklus II pada materi pemanfaatan sumber daya alam menggunakan model problem based learning siswa kelas IV SDN 668 Pompengan Pantai sebesar 94,74% atau 18 dari 19 siswa masuk dalam kategori tuntas dan 5,26% atau 1 dari 19 siswa masuk dalam kategori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II pelajaran IPS telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model problem based learning siswa kelas IV SDN 668 Pompengan Pantai. Selama dua siklus terjadi perubahan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat, perhatian siswa akan materi yang diajarkan semakin meningkat, keberanian untuk membuka diri akan masalah yang dihadapi semakin terlihat, semangat dalam belajar IPS semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDYANTI, Rosmalah Yanti, S,Pd., M.PdNIDN0910128803
Uncontrolled Keywords: problem based learning; hasil belajar; IPS.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:16
Last Modified: 12 Jan 2022 07:16
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item